Kamis, 18 Desember 2008

Perbedaan SI dengan Jurusan Komputer lainnya

Ilmu yang mempelajari tentang komputer menurut saya ada 2 yaitu Sistem Informasi dan Informatika.Di sini saya akan membahas tentang kedua hal tersebut secara rinci sebisa saya agar terlihat kejelasan antara 2 ilmu ini.

Informatika adalah ilmu yang mengajari komputer secara keseluruhan, dalam arti adalah ilmu yang mengajari tentang hardware hingga kepermasalahan internalnya.Ilmu tersebut biasanya digunakan untuk menyelesaikan masalah internal yang ada di dalam suatu komputer.

Sistem Informasi adalah ilmu aplikasi untuk mendukung oprasi dari suatu organisasi.bisa di harfiahkan seperti ini, suatu aransemen dari orang, data, proses-proses, dan antar-muka yang berinteraksi mendukung dan memperbaiki beberapa operasi sehari-hari dalam suatu bisnis termasuk mendukung memecahkan soal dan kebutuhan pembuat-keputusan manejemen dan para pengguna yang berpengalaman di bidangnya.Bisa juga sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam sistem informasi diperlukannya klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkan keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi. Kriteria dari sistem informasi antara lain, fleksibel, efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar